Search

Tentang Radio Pesona Bandung

Dengan populernya Pesawat Radio terutama di Eropa dan Amerika Serikat. Selain siaran titik ke titik termasuk telepon dan siaran ulang program radio, menjadi popular pada 1920 dan 1930.
Penggunaan Radio dalam masa sebelum perang adalah pengembangan penditeksian dan pelokasian pesawat serta kapal dengan penggunaan radar.
Sekarang ini radio banyak bentuknya, termasuk jaringan tanpa kabel, komunikasi bergerak disegala jenis, dan juga penyiaran radio.
Sebelum Televisi terkenal, siaran radio komersial termasuk drama, komedi, beragam show, dan banyak hiburan lainnya tidak hanya berita dan musik saja.
Modulasi
Modulasi adalah proses perubahan (varying) suatu gelombang periodic sehingga menjadi suatu signal mampu membawa suatu informasi.
Informasi yang dikirim bisa  berupa data analog maupun digital sehingga terdapat dua jenis modulasi yaitu  :
1.     Modulasi analog, dimana proses modulasi merupakan respon atas informasi signal analog.
Teknik umum yang dipakai dalam modulasi analog  :
    Modulasi berdasarkan sudut
•    Modulasi Fase (Fhase modulation – PM)
•    Modulasi Prekuensi (Frequency Modulation – FM)
2.     Modulasi Digital, dimana suatu signal analog dimodulasi berdasarkan aliran data digital.
Pada siaran radio, dal;am pengoperasiannya menggunakan teknik modulasi, dimana signal yang menumpang adalah signal suara, sedangkan yang ditumpangi adalah signal radio yang disebut signal pembawa (carrier). Teknik modulasi yang sering dipakai adalah FM dan AM.
Di Indonesia, alokasi prekuensi signal carrier untuk siaran FM ditetapkan pada frekuensi 87,5 kHz-108 kHz.
FM  memiliki kemampuan transmisi stereo yang tidak dimiliki oleh pemancar AM,dan kualitas audio yang diterima juga lebih tinggi dari pada kualitas audio yang dimodulasi dengan AM.namun FM memiliki jangkauan siaran terbatas (75km), dibalik gunung /bukit tidak bisa  ditangkap dengan baik.

Proposal Pesona Radio
Jadi, bisa disimpulkan modulasi FM cocok digunakan untuk stasiun radio yang mempunyai pendengar mayoritas dekat dari stasiun pemancarnya atau masih dalam kota yang sama.
Pada beberapa waktu yang lalu kami mempunyai ide untuk mendirikan pemancar radio yang dapat menyiarkan materi kajian disekitar wilayah Bandung Barat.
Ide ini tentunya butuh diskusi lebih lanjut, yang mana  ini adalah rencana yang cukup besar, membutuhkan sumber daya manusia dan dana yang tidak sedikit. Maka dibutuhkan diskusi dan persiapan yang matang, masukan, saran, dan tanggapan dari semua pihak.
Yang menjadi salah satu pendorong kami mengemukakan ide ini karena adanya suatu sarana perangkat studio diantaranya antene,mixer,mic,computer kabel,ruang siaran,lokasi strategi dan sebagainya
Dalam rencana ini tentu banyak hal yang akan didiskusikan. Diantaranya adalah mengenai berbagai kekurangan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan, dana untuk pengadaan peralatan tersebut,dana biaya operasional, materi siaran radio, perijinan dan hal lainnya.
Dengan semangat yang kuat akhirnya tepat pada tanggal 01 Januari 2009 kami mencoba mengoprasikan peralatan seadanya serta format siaran yang sudah disiapkan sejak setahun yang lalu  untuk mengudara.
Dalam hal ini penampilan kami ternyata sangat dinantikan oleh masyarakat dan cukup berhasil bahkan diluar dugaan, dirasakan pula oleh masyarakat bahwa kemasan acara kami berbeda dengan yang lain dan itu sesuai dengan motto “BERANI TAMPIL BEDA “ membuat terobosan – terobosan baru mengarah kepada sesuatu hal yang positif dengan tidak mengabaikan aturan yang ada.
Melalui proposal ini kami mengajak partisipasi saudara-saudara untuk aktif turun rembug memberi komentar saran dan masukan, berkaitan dengan rencana kami ini. Mungkin ada diantara sudara-saudara yang berpengalaman dalam masalah teknis peralatan pemancar radio, atau juga ada yang mengetahui seluk beluk peraturan Pemerintah tentang penyiaran, dan mungkin ada yang sanggup mengusahakan dana untuk merealisasikan kekurangannya.
Manfaatnya ? Insya Allah akan banyak manfaatnya. Diantaranya:
Radio adalah salah satu media informasi yang cukup efektif serta efisien dalam menyampaikan berbagai informasi dan hiburan. Selain itu Radio bisa dijadikan sarana Sosial dan Pendidikan bagi masyarakat.



Proposal Pesona Radio
Bandung Barat adalah kawasan yang berkembang dengan pesat, baik secara kuantitas maupun kualitas sumber daya manusia. Selain itu kawasan Bandung Barat berkembang dari segi industri juga dibidang pertanian sekaliguis Pendidikan dan lain-lain.
Agar hal diatas lebih pesat lagi perkembangannya juga terarah, maka perlu ditunjang dengan sarana informasi dan komunikasi jelas, tepat dan berimbang. Dan dalam hal ini adalah Radio Station.
Disamping itu Radio Station dapat menyerap tenaga kerja baik di Radio itu sendiri maupun antar pendengar yang tentunya dengan berbagai profesi dan saling membutuhkan.
Berdasarkan hal tersebut maka kami telah mendirikan sebuah Radio Station, dan Radio tersebut kami beri nama “ PESONA FM “
TUJUAN
    Sarana edukatif (Pendidikan) bagi generasi muda dan masyarakat sehingga dapat meningkatkan sumber daya manusia.
    Layanan informasi bagi masyarakat
mengenai Kesehatan,social,ekonomi,pendidikan,budaya, dan lain - lain
    Menjalin tali persaudaran dan kebersamaan
    Meminimalisir pengangguran
    Melestarikan Budaya ke daerahan maupun secara Nasional
    Menghibur masyarakat .
Berbagai tujuan diatas telah dicoba dan direalisasikan, dirasakan cukup berhasil walaupun belum sepenuhnya, Ini menandakan ada indikasi positif yang diharapkan oleh semua pihak. Terbukti dengan banyaknya Audance yang masih terus bertambah dari waktu – kewaktu dengan berbagai status, golongan, serta  mendapat dukungan penuh dari warga maupun pemerintah setempat (terlampir).
Dengan terobosan – terobosan serta ide  berbeda  yang dikemas sedemikian rupa menyangkut berbagai hal, diantaranya mengenai pendidikan, informasi, mempererat tali persaudaraan, mengembangkan ekonomi masyarakat, mengenalkan dan mempertahankan budaya secara nasional maupun ke daerahan (Sunda) teutama kepada kaum muda dan sebagainya. Ini semua  langsung diterima oleh masyarakat dengan baik.
Berikut keberhasilan yang telah dicapai oleh PESONA RADIO , diantaranya  :


Proposal Pesona Radio

PENDIDIKAN
Komitmen terhadap pendidikan sebagian telah dilaksanakan walaupun belum sepenuhnya .
-    PESONA RADIO telah mendapat penghargaan dari salah satu Universitas terkemuka (STKIP) atas kerjasamanya dalam membantu dunia pendidikan
-    PESONA RADIO dipercaya untuk menerima pendaftaran oleh salah satu Lembaga Pendidikan (CSBI) Sekolah persamaan Paket B dan C.
-    PESONA RADIO memberi pelajaran dibidang computer.
-    Dan masih ada bentuk lain dalam hal dunia pendidikan.
INFORMASI
Dalam mencerdaskan masyarakat tidak lepas dari informasi, sejauhmana kecerdasan masyarakat dapat dilihat dari seberapa banyak informasi yang didapat. Dalam hal ini PESONA RADIO menyuguhkan berbagai informasi dalam maupun manca Negara yang dikutip dari berbagai sumber yang  dapat dipertanggung jawabkan dikemas dengan apik serta tak lepas dari penelitian terhadap berbagai informasi (berita) dengan mengacu kepada Undang – undang yang ada.Tdak ketinggalan pula berbagai informasi yang sekaligus memberi pengetahuan dimasyarakat mengenai Kesehatan,Sosial dan lain-lain dengan cara malakukan interaktif disertai narasumber dibidangnya.
Dengan demikian kehadiran PESONA RADIO sangat dinantikan oleh pendengarnya terutama yang haus informasi.
MENJALIN PERSAUDARAAN
Dalam kurun waktu relative masih muda PESONA RADIO telah mempunyai audience  cukup banyak yang tercatat maupun yang tidak tercatat dan terus bertambah dari waktu kewaktu, terbukti dalam hal untuk On Airpun sulit masuk karena padatnya layanan tersebut sehingga para pendengar mengadakan inisiatif untuk rembugan, maka lahirlah beberapa keputusan  diantaranya dengan mengadakan PESONA CARD  yaitu sebuah kartu yang menandakan resmi sebagai Mitra setia PESONA RADIO disertai dengan sukarela mereka mengadakan iuran rutin selain itu PESOANA RADIO dijadikan wadah oleh mereka untuk dijadikan sebagai tempat informasi berbagai hal antar mitra yang lainnya.


Proposal Pesona Radio

MENGEMBANGKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT
Dengan banyaknya audience (Mitra) dan juga berbagai profesi yang dijalani, ragam profesi inilah yang dimanfaatkan oleh PESONA RADIO dalam mengembangkan perekonomian masyarakat termasuk mengurangi pengangguran.
Beberapa langkah yang telah dijalani oleh PESONA RADIO dalam menjalin bisnis dengan mitranya seperti .  Percetakan, Service Elektronik, rental computer, ikut menyalurkan tenaga kerja ke sebagian perusahaan swasta dan masih ada kerjasama lainnya yang masih dalam tahap pembicaraan. Semua itu tidak lepas dari berbagai pertimbangan yang PESONA tuangkan dalam kebijakan dengan mengedepankan unsur Sosial disamping komersial.
MENGENALKAN BUDAYA
SECARA NASIONAL MAUPUN KEDAERAHAN DAN MENAMPILKAN BERBAGAI KREASI

Untuk  mengenalkan budaya dan menampilkan kreasi kedaerahan berhubungan erat dengan program acara yang ditampilkan. PESONA RADIO mengemas acara sedemikian rupa dan lengkap disamping menarik mitranya juga dalam mengenalkan budaya, berbagai acara bisa lihat tabel Jadwal acara.
Lenkapnya acara membuat pendengar tidak jenuh dan ini memang sangat diminati, dalam kesempatan inilah pengenalan kebudayaan diterapkan yang lebih menggembirakan berbagi budaya terutama yang bersifat legendaries diminati oleh kaula muda itu merupakan cara jitu untuk mempertahankan budaya dengan sasaran kaum muda, terbukti sebagian mitra muda PESONA RADIO  sudah mengenal budaya tempo dulu dengan mendengarkan berbagai music disertai keterangan dari para pramusiarnya. Semua ini sudah dilakukan dan cukup berhasil.
Sedangkan dalam mengembangkan kreasi anak bangsa PESONA RADIO menampilkan program acara yang diberi nama “INDIE  LIVE BANDUNG BARAT”  yaitu segmen acara yang khusus menampilakan seni hasil karya warga Bandung Barat dan sekitarnya digelar 2 x dalam seminggu, ini pun cukup sukses dengan banyaknya yang mendaftar ke RADIO. Selain ditampilkan juga diorbitkan ke jenjang lebih depan belantika seni budaya ndonesia.





Proposal Pesona Radio
HIBURAN
Berbagai acara yang ditampilkan  dengan penuh inovasi yang tiada henti maka ini semua cukup menghibur masyarakat, berbagai pengaduan via Sms, Telepon, On Line , website bahkan tidak kurang yang datang ke Studio mengucapkan selamat karena radio ini cukup menghibur,tentunya bagi mereka yang terjangkau dengan kapasitas Radio.

KESIMPULAN
Dalam hal ini   PESONA RADIO telah menjalankan berbagai kewajiban yang dititik beratkan oleh Undang – undang terhadap salah satu Radio komunitas.
Untuk merelasisasikan semua ini tentunya membutuhkan disamping sumber daya manusia (SDM) yang memadai disertai adanya kerjasama yang saling menguntungkan antar mitra bisnisnya.
Demikian Proposal PESONA RADIO dibuat, besar harapan kami diberikan yang semestinya dan sebagai bahan petimbangan semua pihak.

RADIO PEMANCAR
Nama Badan Hukum        :  CV. MAHESA
Nama Radio            :  PESONA RADIO
Nama di Udara            :  PESONA FM “BERANI TAMPIL BEDA”
Nama Penanggung Jawab    :  ASEP ACHMAD.S / HAMDAN RAHARJA
Alamat                :  Jln Raya Ngamprah No 23  Desa Sukatani Kec. Ngamprah
                   Kab. Bandung Barat
Daya Pancar            :  50 Watt   
   

Proposal Pesona Radio


COVERAGE AREA
  • Kabupaten Bandung Barat ( Cimahi dan sekitarnya, Padalarang, Batujajar, Cililin, Sindangkerta, Gunung Halu, Cikalong Wetan, Cipeundeuy, Cipatat, Raja Mandala)
  • Kabupaten Bandung Barat Bagian Utara (Parongpong, Cisarua, Lembang,dsk)
  • Kabupaten Bagian Selatan ( Soreang, Ciwidey, dsk)
  • Luar Kabupaten Bandung Barat (Cianjur, Puncak Cipanas, Purwakarta dsk)
FORMAT SIARAN
     Indonesia  30 %
     Barat 20%
     Dangdut 20 %
     Sunda 20 %
     Nasyid 10 %
PROGRAM
     Keagamaan  30 %
     Berita/ Informasi  20 %
     Lainnya  50  %
PROFIL PENDENGAR
  • Sesuai Coverage Area
JENIS KELAMIN
•    Pria                45  %
•    Wanita              55  %
USIA
•    15  -  19  Tahun          15  %
•    20  -  30  Tahun          35  %
•    31  -  40  Tahun          15  %
•    40  Tahun keatas          10  %
PEKERJAAN
•    PNS & Pegawai Swasta          15  %
•    Pekerja / Buruh / tani          30  %
•    Siswa & Mahasiswa          40  %
•    Ibu Rumah Tangga          15  %

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More